Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Yang Akan Muncul Jika Anda Sering Menahan Buang Air Kecil

Penyakit yang akan muncul jika menahan kencing
Tahukah Anda ternyata dengan menahan kencing dalam waktu yang lama tidak baik untuk tubuh dan juga dapat berdampak sangat berbahaya untuk kesehatan. Buang air kecil yaitu yang ditandai dengan proses pengeluaran urin dari dalam tubuh pada manusia merupakan suatu hal yang sangat wajar dan umum terjadi.

Proses buang air kecil ini atau lebih sering dikenal dengan nama kencing  menandakan bahwa sistem pencernaan yang terdapat di dalam tubuh Anda telah bekerja dengan baik serta normal. Semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan didalam tubuh Anda yang sudah selesai disaring dan juga dibersihkan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui urin.

Baca Juga: Bahan Diet dari Rempah dan Herbal yang Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan

Buang air kecil atau kencing adalah salah satu mekanisme tubuh yang bertujuan untuk mengeluarkan semua zat-zat sisa yang bisa menyebabkan kesehatan Anda memburuk.

Tetapi, kadang ada hal yang menyebabkan seseorang harus menahan pipisnya. Contohnya bisa jadi karena tempat untuk buang air kecil yang tidak memungkinkan, Anda sedang melakukan aktivitas lainnya, atau alasan lainnya.

Kebanyakan orang sering beranggapan bahwa dengan menahan pipis adalah hal yang biasa dilakukan dan bukanlah hal yang serius. Tetapi lebih baik Anda harus berhati-hati, terutama jika menahan pipis sudah menjadi kebiasaan buruk yang sudah sering sekali Anda lakukan.

Mengingat kembali bahwa betapa pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka dari itu hal ini haruslah menjadi suatu kewajiban untuk segera dituntaskan, dan jangan pernah ditunda-tunda.

Jangan pernah Anda menahannya dalam waktu yang lama dan sering karena hal al ini akan sangat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Nah berikut ini adalah bahaya yang akan terjadi jika Anda menahan kencing dalam waktu yang lama:

1. Infeksi pada saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau sering disebut dengan UTI adalah salah satu masalah pada kesehatan yang terjadi akibat infeksi pada bagian saluran kemih. Infeksi saluran kemih ini bisa jadi akan sangat menyakitkan.

Anda akan merasa lebih sering ingin membuang air kecil. Tidak hanya itu Anda juga akan merasakan nyeri pada bagian uretra. Beberapa gejala lainnya yang terjadi adalah terdapat darah pada urine dan Anda akan merasakan sensasi terbakar ketika buang air kecil.

2. Kandung kemih menjadi sangat sensitif

Sensitivitas pada kandung kemih seseorang itu berbeda-beda, tergantung dari makanan yang Anda konsumsi. Menahan kencing akan membuat kandung kemih Anda menjadi jauh lebih sensitif. Ini terjadi karena kandung kemih Anda membentang serta menyesuaikan peningkatan jumlah urin yang terkandung di dalamnya.

Dengan begitu, maka sensor akan menjadi terlalu aktif dan akan membuat Anda merasa lebih sering kencing dari biasanya.Nah kebetulan, ini juga adalah tanda umum dari infeksi saluran kencing. Jika Anda mulai mengalami gejala seperti ini, sebaiknya segera hubungi dokter Anda.

3. Terjadinya pembengkakan pada kandung kemih 

Pada umumnya kendung kemih mampu menyimpan hingga 15 ons cairan. Nah jika Anda meminum sekitar delapan gelas air dalam sehari, maka jumlah cairan yang Anda konsumsi dan masuk ke tubuh sekitar 64 ons, atau rata-rata kandung kemih dapat menyimpan hingga mencapai sekitar seperempat air yang telah Anda minum pada setiap hari.

Baca Juga: Penyebab, Tanda-Tanda Serta Gejala Penyakit Difteri Yang Perlu Anda Ketahui

Sehingga, walaupupun Anda sudah minum banyak air untuk menjaga jumlah cairan tubuh dan ginjal Anda dalam kondisi yang baik, namun cara itu tidak akan berdampak positive bagi kesehatan Anda jika Anda juga tidak membuangnya secara teratur.

Salah satu alasan yang sangat utama mengapa Anda disarankan untuk minum cukup cairan yang cukup adalah karena cairan itu angat penting untuk membantu dalam membersihkan ginjal Anda, dan semua itu dapat terjadi jika Anda memasukkan serta mengeluarkan cairan dengan seimbang dari tubuh.

4. Terjadinya infeksi pada ginjal
 

Penyebab terjadinyan infeksi pada ginjal yaitu karena menumpuknya urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal Anda. Infeksi pada ginjal akan berpengaruh pada :

  •  Siklus pembuangan urin
  • Pendarahan ketika membuang air kecil
  • Terjadinya gagal ginjal

Tapi Anda tenang saja, karena Infeksi yang terjadi pada ginjal masih dapat disembuhkan, yaitu dengan cara menghentikan kebiasaan buruk Anda menahan buang air kecil dan rajin-rajinlah meminum air mineral.

5. Gagal Ginjal

Dengan menumpuknya kotoran-kotoran yang bersumber dari urin yang seharusnya
dikeluarkan dari tubuh, maka ginjal Anda akan mengalami kerusakan karena telah menampung urin terlalu lama. Hal ini sering juga disebut dengan istilah gagal ginjal. Nah apabila Anda sudah mengalami gagal ginjal, maka akan terjadi:
  • Ginjal tidak akan mampu menyaring dan membuang kotoran (kotoran sisa pencernaan)
  • Siklus pencernaan Anda akan menjadi kacau dan semakin buruk serta tidak teratur lagi
Gagal ginjal merupakan tahapan yang sudah sangat parah serta  tidak bisa disembuhkan lagi. Gagal ginjal hanya dapat diatasi dengan satu cara melakukan pendonoran pada ginjal pasiennya.

7. Batu Ginjal

Batu pada ginjal alah suatu penyakit yang akan terbentuk ketika urin yang sudah menumpuk pada bagian ginjal Anda mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Nah pengerasan ini dapat terjadi karena didalam urine mengandung kristal-kristal garam, yang dapat juga menggumpal dan mengeras ketika semakin bertambah banyak.

8. Anyang – Anyangan

Anyang-anyangan adalah istilah yang dikenal untuk mendefinisikan dimana Anda mengalami kondisi sakit dan nyeri yang akan terjadi ketika Anda sedang melakukan buang air kecil.

Anyang – anyangan dapat disebabkan karena akibat dari kebiasaan buruk Anda dalam menahan buang air kecil. Ini merupakan tanda-tanda dari munculnya infeksi pada saluran kandung kemih Anda.

Baca Juga: Merahkan Kembali Bibir Hitam Dengan Menggunakan Bahan Alami Ini. Ampuh

Itulah ulasan mengenai bahaya yang akan terjadi jika Anda terlalu lama dan sering menahan buang air kecil. Sebaiknya jika Anda sudah merasa ingin buang air kecil segera lakukan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.